Seluruh hotel di Makkah sudah dipesan untuk 10 hari terakhir Ramadhan. Dari 162.000 kamar di hotel yang tersedia, sekitar 155.000 telah dipesan.

Direktur Reservasi dan Pemasaran sebuah Hotel di Makkah, Riza Shalabi mengatakan, semua kamar di hotelnya sudah penuh dipesan. Dari 810 kamar yang tersedia, pihaknya mematok tarif 1.950-2.500 riyal.

"Harga ini termasuk buka puasa," kata dia, seperti dilansir Saudi Gazzette, Rabu (23/5).

Khusus kamar suite, lanjutnya, tarif hotel yang dikenakan mengalami kenaikan signifikan. Untuk paket termasuk berbuka puasa dikenakan tarif 28.000 riyal. "Khusus kamar suite sudah bisa dipesan tiga bulan sebelum Ramadhan. Harapan kami, pengusaha dari kerajaan dan luar negeri datang untuk melaksanakan umrah," kata dia.

Staf Reservasi dan Pemasaran hotel lainnya, Abdullah Al-Zahrani mengatakan, sampai saat ini tingkat hunian di hotelnya mencapai 98 persen atau alami kenaikan sejak tahun lalu. Untuk 10 hari Ramadhan, pemesanan sudah mencapai 100 persen dengan tarif 25.000-42.000 riyal.

Sementara itu, Otoritas Penjaga Dua Masjid Suci akan membagi-bagikan kartu khusus anak-anak, orangtua, dan non-Arab di Masjid Al-Haram, Makkah. Kartu itu akan membantu jamaah umrah yang tersasar atau terpisah dari kelompoknya.

 

Sumber: ihram.co.id