Umroh adalah ibadah yang banyak pahalanya. Banyak hadits yang menerangkan tentang keutamaan umroh apalagi umroh Keluarga  Oleh karena itu, kita tentu harus memperhatikan hal-hal teknis agar perjalanan umroh kita lancar. Berikut ini kami memberikan 5 hal penting yang harus anda perhatikan sebelum umroh. 

#1 Pelajari Hal-hal mengenai Umroh

Misalnya mempelajari tentang Mekkah dan Madinah, mempelajari tentang Rukun dan Syarat Umrah. Banyak sekali buku yang haji dan umroh. Hal ini mungkin agak sedikit dibantu dengan kegiatan manasik yang diselenggarakan oleh Biro perjalanan umroh anda termasuk di Neekoi Wisata. Perhatikan juga untuk membuat salinan paspor dan dokumen penting dan email untuk diri Anda sendiri dan keluarga Anda sehingga Anda memiliki salinan jika ada sesuatu yang tidak diinginkan.

#2 Tahu aturan ihram

Ada aturan sederhana bahwa orang dapat melanggar tanpa berpikir. Misalnya, tahu bahwa Anda tidak dapat menggunakan sabun wangi ketika di ihram, jadi cobalah untuk memakai sabun diberi wewangian sebelum Anda pergi. Aturan lain adalah bahwa Anda tidak dapat menutupi kepala Anda dengan ihram Anda (untuk pria). Jadi bahkan ketika suasana terik pun, jangan menutup kepala dengan  handuk untuk melindungi diri sendiri.

#3 Kebersihan

Pada akhir Umrah, adalah kebiasaan untuk pria dan wanita untuk memotong rambut mereka. Untuk pria , jangan hanya memotong sedikit rambut Anda. Sebaliknya, kami sarankan untuk memotong rambut Anda secara merata, bahkan jika Anda tidak ingin mencukurnya. Jika Anda memutuskan untuk mencukurnya (disarankan), maka pastikan tukang cukur yang Anda kunjungi menggunakan pisau sekali pakai. Pemerintah Saudi memberlakukan aturan tersebut dan sebagian besar tukang cukur mengikuti aturan ini, tetapi hanya harus ekstra hati-hati dalam memilih tukang cukur. Anda tentu tidak akan ingin beberapa penyakit yang ditularkan melalui darah seperti Hepatitis C akan ditransfer ke Anda dari darah kering dari pelanggan sebelum Anda. Bagi wanita, jangan biarkan diri Anda dan memotong rambut Anda di Ka’bah. Tunggu sampai Anda kembali ke hotel sehingga Anda dapat melepas jilbab dan memotong rambut Anda. Jangan mengorbankan kerendahan hati Anda karena Anda sedang terburu-buru untuk menyelesaikan Umrah Anda .

#4 Mengunjungi Rawdah

Waktu terbaik untuk mengunjungi Rawdah di Madinah adalah pada waktu malam. The Rawdah adalah “sepotong surga” yang terdapat di masjid Nabi di Madinah. Berlantai dengan karpet berwarna hijau. Banyak orang memiliki tujuan mencoba untuk berdoa di Rawdah sementara di Madinah dan fluks begitu besar orang yang berlomba-lomba untuk daerah yang sangat kecil . Setelah berbicara dengan orang-orang yang tinggal di Madinah , waktu terbaik untuk mencoba untuk mengunjungi Rawdah ( untuk pria ) adalah pada malam hari. Jika Anda menunggu beberapa jam setelah isha atau beberapa jam sebelum fajar, terburu-buru di Rawdah kurang dan jauh lebih mudah untuk berdoa dan memiliki beberapa waktu untuk refleksi damai di Rawdah tanpa keramaian dan hiruk pikuk yang mungkin hadir pada waktu lain .

#5 Kunjungi situs di Madinah

Waktu terbaik untuk mengunjungi situs menurut pendapat saya adalah di waktu pagi kira-kira antara matahari terbit dan doa Dhuhur . Anda dapat mengunjungi tempat-tempat seperti lokasi perang Uhud serta masjid Quba , yang merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muḥammad sallallahu ‘ alaihi wa sallam. Jangan lupa untuk berdoa 2 rakaat di masjid Quba dan menuai pahala Umrah sementara Anda berada di sana , insya Allah !

 

sumber (rabbanitour.com)